Pendidikan politik, siswa SD di Purwokerto gelar simulasi pemilu

Pemilu ala bocah SD di Purwokerto.

3 simulasi2 simulasi1 simulasiSurat Suara Pilpres Umat- Anak 2

Demam pemilihan umum yang akan berlangsung pada 9 April nanti tampaknya tidak hanya dikhususkan bagi orang dewasa di Indonesia. Di Purwokerto, demam pemilu menarik antusias siswa SD Al Irsyad 2 Purwokerto yang menggelar simulasi pemilu, Sabtu (29/3).

Simulasi tersebut digambarkan dengan adanya kampanye yang diidentikkan dengan gelaran pemilihan presiden. Sekitar 889 siswa sekolah tersebut sudah berkumpul di halaman sekolah yang berada di Jalan Jatiwinangun Purwokerto.

Mereka meneriakkan yel-yel untuk mendukung pasangan calon presiden yang mewakili tiap kelas. Seperti layaknya pemilu sesungguhnya, mereka mengikuti acara kampanye yang dikemas menurut versi anak-anak. Setiap pasangan menampilkan kebolehannya dan berusaha meyakinkan teman-temannya untuk memilih mereka.

Setiap calon didampingi guru kelas tampil di atas panggung ‘Pemilihan Presiden Umat’. Para calon berdandan ala calon presiden yang akan dipilih dalam panggung politik tersebut.

Kepala SD Al Irsyad 2 Purwokerto, Toto Yulianto mengatakan siswa yang dipilih menjadi calon presiden memang sengaja berdandan seperti calon presiden. “Mereka juga harus menunjukkan kreativitasnya untuk menarik perhatian teman-teman agar memilihnya,” ucapnya di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, simulasi dilaksanakan sebagai bagian dari pendidikan politik sejak dini. Para siswa, jelas Toto, mengikuti rangkaian kegiatan mulai dari pawai peserta pemilu, orasi calon presiden hingga mereka memilih di bilik suara.

“Pemahaman pemilu memang sengaja ditanamkan sejak dini agar siswa mengetahui prinsip memilih wakil rakyat tanpa adanya paksaan dan sesuai hati nurani,” ujarnya.

Seorang siswa kelas VI, Adam Mufarij (12), yang menjadi calon presiden, mengaku senang mengikuti acara tersebut. Menurutnya, acara simulasi ini memiliki manfaat saat dewasa nantinya. “Dengan mengikuti acara ini, saya bisa mengerti dan mudah memilih saat sudah besar nanti,” katanya.
[hhw]

Pos ini dipublikasikan di sekolahku. Tandai permalink.

2 Balasan ke Pendidikan politik, siswa SD di Purwokerto gelar simulasi pemilu

  1. Semoga lahir pemimpin yang berakhlak di masa kini dan yang akan datang. Salam kenal Pak.Totok

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s