Metode The Student Group I METODE PEMBELAJARAN

Pengertian Metode The Student Group

Metode The Student Group adalah salah satu teknik belajar mengajar yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah. Di dalam The Student Group ini proses interaksi anatara dua atau lebih individu yang terlibat, saling tukar menukar pengalaman, inormasi, memecahkam masalah dapat terjadi jika semuanya aktif dan tidak ada yang pasif sebagai pendengar.

Metode The Student Group pada dasarnya adalah tukar menukar informasi, pendapat, dan unsur-unsur pengalaman secara teratur dengan maksud untuk pendapat pengertian bersama yang lebih jelas dan lebih teliti tentang sesuatu, atau untuk mempersiapkan dan merampungkan keputusan bersama.

Metode The Student Group adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberi kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah.

Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahawa metode The Student Group adalah suatu metode yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan saling tukar menukar pendapat atau ide, pengalaman, untuk mencapai suatu tujuan tertentu

Pelaksanaan Metode The Student Group

Penerapan metode The Student Group  adalah merupakan metode yang bisa dikatakan baru, dengan metode ini dapat merangsang pikiran anak untuk memunculkan ide-ide atau ketidak fahaman mereka terhadap pelajaran yang dihadapi agar penyajian metode ini tidak membosankan dan menarik perhatian siswa maka maka dapat dilakukan dengangan cara:

  • Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok, dengan cara berhitung 1-5. guru menciptakan suasana tenang dan nyaman untuk tempat belajar kelompok
  • Guru meminta setiap siswa mempelajari dan juga mendiskusikan topic pembelajaran yang sudah disiapkan oleh guru. Guru sebaliknya juga memberikan  bahan atau sumber bacaan lain mengenai topic pembelajaran yang dibahas.
  • Guru memandu The Student Group kelas (setelah studi kelompok) baik mengenai hal isi, ilustrasi/ contoh, serta penerapan isi pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari, guru hendaknya menerangkan materi secara jelas.
  • Guru bersama siswa membuat kesepakatan/komitmen untuk selalu mengambil hikmah dan juga menegakkan isi pembelajaran yang dibahas, dengan cara mempelajari, mendalami serta menghayatinya, dalam kehidupan sehari-hari.

Setelah selesai dapat dilanjutkan dengan memberikan tugas dengan mengerjakan soal-soal latihan dan juga memberikan kesimpulan, yang diakhiri dengan menutup pelajaran (Salam)

Kelebihan dan Kelemahan Metode The Student Group

Dalam setiap penggunaan metode terapat kekurangan dan juga kelebian salah satu kelebiannya diantaranya adalah:

  1. Menjadikan siswa yang satu dengan siswa yang lain terjalin keakrapan karna saling tukar ide-ide.
  2. Dengan penerapan metode The Student Group  guru memberikan kesempatan kepada siswa-siswa untuk melihat keadaan relita secara obyektif yang dikaitkan dengan teori yang dibahas dalam pelajaran.
  3. Memberikan apresiasi terhadap siswa supaya selalu mengambil hikmah dari suatu pembahasan materi yang dianjurkan serta memberikan suatu kebijaksanaan kepada siswa dan guru untuk mengaplikasikan kesimpulan dari pembahasan yang  diajarkan.

Sedangkan kekurangan dalam metode The Student Group   ini adalah:

  1. Siswa terkadang mnggunakan kesempatan untuk membicarakan masalah dengan temannya sendiri.
  2. Dalam penggunaan metode The Student Group   siswa –siswa hanya mengandalkan temannya yang aktif saja
  3. Siswa terkadang menyalah gunakan kesempatan yang di berikan oleh guru.
Pos ini dipublikasikan di Pendidikan Umum. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s